Girder Jembatan - Civil Network
News Update
Loading...

Rabu, 24 Juni 2020

Girder Jembatan

Girder Jembatan

Pengertian Girder Jembatan

Girder adalah bagian dari upstructure jembatan yang dipasang secara horizontal yang berfungsi menyalurkan beban dari struktur atas jembatan ke abutment atau pilar. Penggunaan girder dipilih berdasarkan panjang bentang dan juga pendekatan struktur yang dilakukan. 
Jembatan dengan girder merupakan jenis struktur jembatan paling sederhana. Namun untuk mengakomodasi kebutuhan bentang yang semakin panjang berkembang berbagai teknologi girder seperti teknologi beton prategang.

baca juga : 

Fungsi Girder

Secara garis besar girder berfungsi menyalurkan beban berupa beban kendaraan, berat sendiri girder dan beban lainnya yang berada di atas girder tersebut ke bagian struktur bawah. Apabila dilihat secara struktur girder berfungsi menahan momen pada jembatan.

Jenis - Jenis Girder

I Girder

Girder tipe I girder merupakan girder yang paling umum dan sering digunakan di indonesia. Biasanya digunakan material baja ataupun beton prategang. Saat ini sudah banyak penyedia I girder dengan berbagai variasi bentang sesuai dengan kebutuhan. 


T Girder

Sesuai dengan namanya T girder mempunyai bentuk seperti huruf T. Dimana bagian atas girder memiliki lebar yang lebih besar.


Box Girder

Box girder merupakan tipe girder berongga yang biasanya berbentuk segi empat atau trapesium. Keunggulan box girder secara struktur adalah mampu menahan gaya puntir yang lebih baik dibandingkan dengan tipe girder lainnya. Sehingga box girder cocok digunakan untuk jenis jembatan lengkung.


U Girder

Sama seperti I dan T girder, jenis girder ini memiliki bentuk seperti namanya yaitu huruf U. Pada girder tipe ini biasanya memiliki tendon yang berpasang-pasangan. 


Demikian artikel mengenai Girder Jembatan, Terima kasih semoga bermanfaat. 


Share with your friends

Give us your opinion

Terima Kasih Semoga Bermanfaat ^.^

Notification
Terima kasih telah berkunjung di website kami, Semoga Bermanfaat. Best Regards
Done